Upacara memperingati Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional 2024

Upacara memperingati Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional 2024

May 06, 2024By admin SMATN

Pagi ini, Sabtu, tgl. 4 Mei 2024 SMA Taruna Nusantara menyelenggarakan upacara untuk memperingati Hari Kartini yang disatukan dengan Hari Pendidikan Nasional yang diikuti oleh seluruh Pengurus, Pamong dan Siswa SMA Taruna  Nusantara yang semuanya mengenakan pakaian adat daerah yang beragam. 

Upacara yang berlangsung di pelataran Balairung Pancasila ini berlangsung lancer, tertib dan khidmat penuh semangat.

Kepala SMA Taruna  Nusantara Mayjen TNI (Purn.) Tono Suratman dalam amanatnya menyampaikan bahwa Ibu Kartini, sosok inspiratif yang memperjuangkan emansipasi wanita dan kemajuan pendidikan, telah memberikan teladan yang luar biasa. 

"Sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya kita meneladani semangat juangnya dalam meraih cita-cita dan memperjuangkan hak-hak kita.

Selain itu, Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita akan pentingnya pendidikan dalam mempersiapkan diri menjadi generasi unggul yang mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu, izinkan saya menyampaikan beberapa pesan kepada siswa antara lain,

Pertama, bangunlah karakter diri yang tangguh dan luhur. Terapkan nilai-nilai kejujuran, integritas, disiplin, dan semangat juang dalam setiap aktivitas. Hal ini akan menjadi fondasi kokoh bagi keberhasilan kita di masa depan.

Kedua, perkuatlah kepribadian yang adaptif dan inovatif. Teruslah belajar, berkreasi, dan berwawasan global. Jadilah pribadi yang responsif terhadap perubahan zaman, namun tetap berpegang teguh pada nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Tunjukkan kemampuan beradaptasi dan kemampuan memecahkan masalah yang kompleks.

Ketiga, tingkatkan rasa cinta tanah air, nasionalisme, dan kepedulian sosial. Sebagai generasi penerus, kita harus menjadi teladan bagi masyarakat dalam menjaga persatuan dan kebersamaan. Kontribusi kita bagi kemajuan bangsa harus didasari oleh semangat pengabdian dan kepemimpinan yang visioner.

Keempat, miliki visi dan misi yang jelas dalam menatap masa depan. Rencanakan langkah-langkah strategis untuk mencapai cita-cita, namun jangan lupa untuk terus berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT. Jadilah pribadi yang berorientasi pada masa depan dan memiliki komitmen yang kuat," tutup Kepala Sekolah.

#kartini #harikartini #tn33 #tn34 #smatarunanusantara

Related post

Top